Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Cemungud!!!!

Nongkojajar, 30 September 2012

Semangat !!!! mungkin kata itu yang pantas buat mengawali kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS masa bakti 2012 / 2013. Kegiatan yang bertujuan untuk melakukan penggemblengan mental dan kemampuan berorganisasi anggota osis ini dilakukan di Coban Waru, Nongkojajar selama 2 hari 1 malang yakni tanggal 29 s/d 30 September 2012.

Kegiatan yang diikuti oleh 18 anggota osis baru, 4 anggota osis lama serta 6 orang pembina osis dilepas langsung oleh Kepala Sekolah. “Jangan bertindak ceroboh, jaga nama baik sekolah dan patuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pembina selama kegiatan …..” pesan yang diungkapkan oleh Agus Rohmad Riyadi, S.Hi selaku kepala sekolah dalam pelepasan keberangkatan rombongan peserta LDKS sabtu pagi.

Banyak kegiatan yang dilakukan selama 2 hari tersebut, kegiatan diawali dengan membangun tenda sebagai rumah tinggal selama kegiatan, upacara pembukaan, hingga tes kecerdasan, ketangkasan, dan outbound. Selepas acara pembukaan siswa, para anggota osis diwajibkan membuat yel-yel yang nantinya akan digunakan selama mereka menjabat anggota Osis. berikut ini yel-yel yang mereka buat :

“We are SMPITSA, ea eo

We are the best, ea eo

We are number one, ea eo

SMPITSA !!!, Bertaqwa, Berprestasi…. YES!!!!!”

setelah ishoma (16.30 s/d 07.00), para calon anggota osis diberikan soal tes kecerdasan dan ketangkasan untuk memberikan pembelajaran kepada mereka tentang arti kerjasama, cara menyampaikan pendapat, serta bagaimana cara menyelesaikan masalah. Tepat pukul 00.00, semua anggota osis dibangunkan dari tidurnya untuk mengikuti renungan malam. Dalam gelap dan dinginnya malam, mereka harus berjalan secara berkelompok dengan mata tertutup sambil mengikuti arahan tetabuhan yang diisyaratkan oleh pembina, setelah itu mereka di pencar ke berbagai arah untuk melakukan perenungan selama 30 menit, baru mereka dikumpulkan kembali dalam satu area tetap dengan mata tertutup untuk melakukan renungan malam.

Dalam kegiatan renungan malam ini, seluruh anggota osis terisak-isak ketika guru pembina mengajak mereka merenungkan kembali apa saja yang telah mereka lakukan baik itu kepada orang tua, maupun selama sekolah. Kegiatan ini berakhir tepat pukul 02.30 WIB dengan jatuh pingsannya sang ketua osis.

Tepat pukul 07.30, para anggota osis dikumpulkan kembali dengan seragam biru putih lengkap untuk menerima jabatan yang akan mereka emban nantinya serta dikumpulkan di sungai yang berada tepat diatas air terjun coban waru. Dalam posisi berendam, mereka melaksanakan janji sebagai anggota Osis. Dan acara ini ditutup dengan kegiatan outbound serta penjelajahan ke Coban Waru…

Semoga apa yang sudah direnungkan ketika renungan malam, tidak hanya berbekas saat itu saja melainkan menjadi patokan dalam melangkah nantinya.

This slideshow requires JavaScript.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s